Analisis STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) di Warung Makan Bu Sri
Strategi STP digunakan untuk memposisikan suatu
merek dalam benak konsumen, sehingga merek tersebut memiliki keunggulan
kompetitif yang berkesinambungan. Dalam kasus ini, kelompok kami melakukan
analisis STP pada warung makan bu Sri.
1.
Segmenting
Segmenting adalah membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok
pembeli yang berbeda. Pembeli tersebut memiliki
kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin membutuhkan produk
atau bauran pemasaran yang berbeda pula. Jadi,
segmentasi pasar dilakukan, karena adanya perbedaan di setiap individu dalam
segi karakteristik ataupun kebutuhannya.
Proses segmentasi pasar telah dilakukan
oleh warung makan bu Sri. Warung makan bu Sri melakukan
segmentasi pada daerah gang An-Nur, Wonocolo. Hal tersebut dilakukan, karena masyarakat daerah Wonocolo memiliki karakteristik tersendiri daripada tempat
lain. Pada daerah Wonocolo, masyarakat
rata-rata berada di kalangan sosial menengah ke bawah.
2.
Targeting
Targeting ialah proses evaluasi daya tarik masing-masing
segmen pasar dan pemilihan satu atau lebih segmen pasar untuk digarap. Pengertian dari targeting
itu sendiri adalah sebuah sasaran atau siapa yang dituju. Dalam melakukan targeting,
pemilik usaha harus melakukan survey untuk mengetahui keadaan pasar nantinya.
Hal itu dilakukan, agar pada saat melakukan proses pemasaran tidak terjadi
salah sasaran. Pemilik usaha harus melihat dua faktor dalam melakukan targeting,
yaitu daya tarik pasar secara keseluruhan serta tujuan dan resource perusahaan.
Proses targeting pasar telah dilakukan oleh warung makan bu Sri. Target warung makan bu Sri ialah
mahasiswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan presentase banyaknya konsumen. Konsumen
yang paling banyak di warung makan bu Sri adalah mahasiswa UINSA. Mahasiswa UINSA banyak
yang bertempat tinggal di daerah Wonocolo, sehingga mahasiswa UINSA juga
termasuk penduduk atau masyarakat di daerah Wonocolo. Hal ini menunjukkan, bahwa rata-rata mahasiswa UINSA juga berada di
kelas sosial menengah ke bawah.
3.
Positioning
Positioning merupakan perumusan pemosisian bersaing produk dan
menciptakan bauran pemasaran yang lebih rinci. Positioning adalah sebuah
image yang terbentuk di dalam benak seorang konsumen dari suatu produk. Positioning
menjelaskan bagaimana sebuah produk terlihat berbeda dibanding dengan produk
lain. Hal tersebut dapat mencakup brand image serta manfaat yang
dijanjikan. Inilah yang menjadi alasan mengapa konsumen memilih produk
tersebut.
Proses positioning telah dilakukan oleh warung makan bu Sri. Di Warung Bu Sri, positioning dilakukan dengan pemberian harga produk yang murah.
Oleh sabab itu, Warung Bu Sri dikenal oleh masyarakat sebagai warung makan yang
memiliki produk yang murah. Semua harga makanan di warung bu Sri ialah Rp 6000,
kecuali cumi-cumi. Namun, harga yang relatif murah di Warung Bu Sri tidak dapat
menyingkirkan nama asalnya. Nama tersebut diambil dari nama owner warung
tersebut, sehingga nama owner dijadikan sebagai nama warung tersebut.
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical